ATASI JERAWAT TIPS
latest

728x90

header-ad

468x60

header-ad

Bahan Alami Untuk Menghilangkan Komedo


Komedo adalah jenis jerawat ringan. Penyebab timbulnya komedo antara lain karena adanya penumpukan sel – sel kulit mati dan minyak yang menyumbat pori – pori kulit. Banyak cara untuk menghilangkan komedo, baik berupa obat – obatan yang banyak dijual di apotik maupun dengan bahan alami. Namun pada kesempatan kali ini, kita akan mencoba bahas bahan – bahan alami yang mampu membantu menghilangkan komedo. Bahan – bahan alami penghilang komedo ini mungkin bisa menjadi referensi anda dalam memilih makanan untuk membantu menghilangkan masalah komedo yang anda hadapi. Baca Juga tips memilih Sabun Pembersih Wajah.

Kandungan Makanan Untuk Menghilangkan  Komedo

  1. Vitamin A

    Vitamin A merupakan salah satu vitamin yang mudah larut dalam lemak. Peran vitamin A dalam tubuh cukup penting, dikarenakan senyawa yang terkandung dalam vitamin A seperti retinol, retinil aselat yang dibutuhkan tubuh. Vitamin A juga memiliki banyak fungsi bagi tubuh seperti untuk kesehatan mata, antioksidan, sistem imun, dan banyak lagi lainnya. Dari sekian banyak manfaat Vitamin A tersebut, salah satu manfaatnya adalah dapat membantu menghilangkan komedo. Hal ini di karenakan Vitamin A dapat membantu dalam mengatur siklus regenerasi kulit sehingga tidak ada lagi protein dan minyak yang dapat menjadi penyumbatan penyebab komedo. Vitamin A banyak ditemui pada wortel, bayam, minyak ikan salmon, dan brokoli.
  2. Zink (Seng)

    Zinc merupakan salah satu mineral penting yang banyak ditemui dalam tubuh. Pada tubuh manusia dewasa terdapat 2 – 3 gram Zinc, 60% zinc dapat ditemukan pada otot,  30% lainnya terdapat dalam tulang dan sisanya terkandung dalam gigi, rambut kulit, kuku, dan lainnya. Dapat dikatakan zinc memiliki peran sangat penting dalam membuat tubuh dapat berdiri tegak. Kekurangan Zinc pada tubuh atau disebut hipozinkemia umumnya terjadi pada orang – orang yang menggunakan pola diet vegetarian atau fruitarian rendah protein. Kekurang Zinc berakibat menimbulkan berbagai masalah salah satunya memicu timbulnya komedo pada kulit. Zinc berguna untuk membantu dalam mengatasi iritasi pada kulit maupun tubuh. Orang yang berjerawat ataupun berkomedo umumnya meiliki kadar Zinc yang rendah. Sehingga membuat kulitnya lebih rantan terjadi iritasi penyebab jerawat dan komedo.
  3. Vitamin E dan C

    Vitamin E dan Vitamin C juga merupakan 2 kandungan yang cukup dibutuhkan tubuh. Kedua vitamin ini berfungsi sebagai antioksidan penangkap radikal bebas, selain itu vitamin C juga membantu mengurangi kerusakan sel kulit. Kedua vitamin inilah yang memiliki peran penting dalam menangkal terjadinya komedo pada wajah anda. Sumber vitamin C antaranya jeruk, pepaya, cabai, strawbery, kubis, kiwi dan jambu biji. Sedangkan sumber vitamin E bisa anda temui pada kacang – kacangan, bayam, biji bunga matahari (kuaci), lobak, sawi, paprika, tomat dan selai kacang.
  4. Selenium

    Selenium adalah mineral nutrisi penting untuk melawan berbagi penyakit. Selenium merupakan sinergis dengan Vitamin E, yang artinya bahwa kedua bekerja sema kuat. Keduanya merupakan antioksidan yang kuat dalam mengatasi permasalahan tubuh. Selain itu selenium juga bersifat anti inflamasi atau anti peradangan. Manfaat ini sangat baik untuk mengatasi komedo dan jerawat pada kulit. Selenium bisa anda dapatkan dari berbagai sumber makanan yang berasal dari tumbuhan maupun hewani. Misalnya kedelai, salmon, jamur, daging ayam, daging sapi, telur, gandum, tuna, bayam, semangka dll.
  5. Omega 3

    Omega 3 merupakan salah satu jenis lemak tak jenuh yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Tetapi tubuh tidak dapat menghasilkan jenis lemak ini sendiri, sehingga kebutuhan akan omega 3 harus didapatkan dari asupan makanan. Omega 3 didapat dari ikan-ikanan seperti salmon, tuna, makarel, hering dll. Selain itu, omega 3 dapat juga di jumpai pada tumbuhan seperti alpukat, bayam, kacang kedelai dan walnuts. Asam lemak tak jenuh omega 3 dapat mencegah molekul yang bisa menyebabkan terjadinya inflamasi (peradangan) yang memicu gangguan kulit.
  6. Air

    Mengkonsumsi air putih secara rutin dapat membantu tubuh membuang toksin dalam tubuh melalui keringat. selain itu, ait juga berguna untuk membantu menghidrasi tubuh dan membantu melembabkan kulit. Mengonsumsi air yang cukup dapat menghilangkan racun yang memicu masalah komedo.
Mengkonsumsi bahan – bahan alami tersebut bisa membantu anda dalam mengatasi dan menghilangkan komedo.

« PREV
NEXT »

No comments

Terima kasih telah memberikan komentar pada blog ini.
Semoga segera sembuh Jerawatnya..