ATASI JERAWAT TIPS
latest

728x90

header-ad

468x60

header-ad

Jerawat karena Perubahan Cuaca dan Polusi Udara

Perubahan cuaca misalnya dari dingin ke panas, ditambah udara yang tercemar polusi ikut bertanggung jawab atas munculnya jerawat. Kulit membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan perubahan cuaca. Hawa panas membuat kulit kehilangan kelembapan, hal ini memicu kelenjar minyak untuk menghasilkan lebih banyak sebum. Sementara cuaca lembab membuat kulit kehilangan kelembapan karena berkeringat dan penguapan kelenjar minyak akan menghasilkan lebih banyak sebum dan bisa menyebabkan breakout. Untuk mengatasinya kita harus rutin menggunakan pelembab dan rajin membersihkan wajah.
Tingginya tingkat polusi yang tinggi di kota-kota besar membuat jerawat mudah timbul, apalagi mereka yang sering menghabiskan waktu di luar ruangan. Selain itu, terkena paparan sinar matahari langsung juga bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat, bahkan bisa menghitamkan kulit.
Berikut ada beberapa faktor Cuaca eksternal yang sering memicu timbulnya jerawat;

  • Pencemaran udara. Tingkat pencemaran di kota-kota besar kini sangat mengkhawatirkan. Udara yang kotor akan masuk ke pori-pori dan mengendap jika tidak segera dibersihkan. Endapan tersebut menjadi pangkal jerawat.
  • Kelembaban udara yang tinggi. Udara lembab memaksa kulit wajah untuk terus menerus menghasilkan minyak agar tidak kering. Minyak tersebut kemudian menjadi residu di dalam pori sehingga menjadi bibit jerawat.
  • Paparan sinar matahari secara terus menerus juga dapat menjadi penyebab jerawat.
Tips mengatasi jerawat yang terjadi karena faktor lingkungan luar, cuaca, dan Polusi, ada beberapa tips mudah yang dilakukan untuk meminimalisasi resiko negatifnya, seperti:
  • Rajin membersihkan wajah dengan sabun yang sesuai dengan jenis kulit. Seminggu sekali gunakan scrub agar sel-sel kulit yang mati dan tumpukan kotoran serta minyak dapat terangkat.
  • Selalu lindungi kulit wajah dengan tabir surya saat hendak beraktivitas di luar ruangan agar bisa terhindar dari paparan sinar matahari langsung.
  • Banyak meminum air putih setiap hari. Air putih akan membantu melancarkan pencernaan dan menjaga kelembaban kulit secara alami.
  • Gunakan masker madu, telur atau jeruk lemon. Ketiganya diketahui memiliki senyawa yang dapat mengangkat sel kulit mati yang menjadi penyebab jerawat. Kemudian lap dengan air hangat.
Semoga bermanfaat.
« PREV
NEXT »

No comments

Terima kasih telah memberikan komentar pada blog ini.
Semoga segera sembuh Jerawatnya..